Cara Mudah Merawat Mobil Grand Livina 1.5

By Unknown → Monday, September 8, 2014
Cara Mudah Merawat Mobil Grand Livina 1.5 - infolengkapmobil
Nissan Grand Livina 1.5
InfoLengkapMobil - Mobil Grand Livina ini merupakan jagoan dari Nissan yang sengaja dibuat untuk menyaingi Toyota Avansa. Angka penjualannya di Indonesia bisa dikatakan sangat berhasil karena menduduki peringkat 3 penjualan di Indonesia. Sebenarnya mobil Nissan tipe Grand Livina ini memiliki 2 jenis mesin yaitu 1.800 cc serta 1.500 cc. Namun pada kenyataannya mesin 1.500 cc lah yang paling banyak dicari.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang persoalan-persoalan yang sering terjadi pada mobil Grand Livina 1.5. Silahkan disimak!



PERMASALAHAN PADA MOBIL GRAND LIVINA 1.5

1. Masalah Kebocaran Pada Selang Kopling

Masalah ini disebabkan oleh tetesan air aki yang letaknya dekat dengan posisi aki. Tetesan air aki ini terjadi pada saat refill atau pengisian lagi atau datang dari saluran ventilasi aki. Untuk menghindari masalah ini sebaiknya waktu pengisian ulang air aki harus dijaga agar tidak tumpah. Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengganti aki dengan aki maintenance free atau aki kering. 

2. Masalah Pada AC - Weerstand

Masalah Weerstand sering ditemui pada mobil Grand Livina tipe ini. Jika tiupan AC pada mobil Anda terlalu kencang, itu disebabkan karena Weerstand ini. Jika anda mterasa terganggu dengan maslah AC ini, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggganti Weerstand atau resistor dengan milik nissan Livina XR karena pada livina XR tiupan AC-nya tidak terlalu kencang. 

3. Masalah Pada Tarikan Awal

Kompresi pada mobil Grand Livina ini termasuk lumayan tinggi (10,5 : 1). Pada umumnya kompresi seperti ini disarankan untuk digunakan pada mesin yang membutuhkan bensin dengan nilai oktannya tinggi juga (Pertamax). Namun, bagi yang menggunakan bensin subsidi bakal sering merasakan tarikan awal yang bergetar. Hal semacam ini harus dimaklumi karena bensin subsidi (Premium) tidak cocok digunakan untuk mobil Nissan Grand Livina ini. Cara untuk mengatasi masalah ini ada banyak. Salah satunya adalah dengan memundurkan setting timing pada pengapian. Cara ini bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan dengan alat yang namanya Engine Scanner. Cara lainnya adalah dengan memodifikasi mesin dengan melakukan perbaikan pembakaran, porting serta polish. 

4. Masalah Pada Bohlam Utama

Nissan Grand Livina memiliki bohlam / lampu utama yang sangat terang. Jadi, tidak disarankan  bagi pemilik mobil untuk mengganti lampu dengan watt yang lebih besar dengan standar pabriknya karena bisa menyebabkan lampu menjadi buram bahkan reflektorntya bisa meleleh karena panas yang berlebihan.

5. Masalah Pada Washer

Semburan air pada Washer tidak menyebar dengan maksimal . Hal semacam ini bisa menggangu kinerja Wiper. Untuk mengatasi masalah Washer ini, kita bisa mengganti Nosel Washer dengan punyanya  Kijang Innova atau Toyota Avanza. Cara memasangnya yaitu dengan mencongkel nosel standard dari dalam, kemudian gunakan nosel yang baru. Sebelumnya kita perlu mengikis nosel yang baru dengan kertas amplas karena bentuknya bukan plug and play.

Sekian dulu tips merawat mobil nissan kita kali ini. Semoga tips dari InfoLengkapMobil ini bisa berguna untuk pembaca.

Baca juga artikel merawat mobil di bawah ini:
- Tips dan Trik Menghilangkan Lecet Halus Pada Kaca Depan Mobil
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Cara Mudah Merawat Mobil Grand Livina 1.5 "