Info Mobil Derek Saat Kondisi Darurat

By Unknown → Thursday, December 4, 2014
Mobil Derek DISHUB Kominfo
Mobil derek sangat membantu saat kita mengalami kondisi darurat di perjalanan. Kondisi darurat bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya ban kempes, kecelakaan, mesin mogok, dll.
Selain keadaan darurat, mobil emergensi juga bisa digunakan untuk membawa mobil berkebutuhan khusus. Sebut saja mobil balap tanpa atribut berlalu-lintas lengkap (spion, pelat nomor dan lainnya) atau pengantaran mobil yang belum dilengkapi surat tanda nomor kendaraan. Mobil koleksi yang hendak ikut pameran pun kerap memerlukan jasa mobil derek/gendong untuk berpindah tempat.
Apapun keperluannya menggunakan mobil emergensi ada cara-caranya. Memang semuanya proses diserahkan pada petugas yang mengoperasikan, namun kita sebagai pengguna jasa juga harus memahami langkah-langkahnya.
Jenis -Jenis Mobil Darurat

Mobil emergensi ada banyak macamnya. Mobil gendong (car carrier) dengan penampang yang bisa diturunkan dan bersudut landai ampuh untuk menangani mobil ceper seperti sportscar. Sementara mobil derek (towing car) lebih diperuntukkan mobil dengan spesifikasi lebih umum.
Jika mobil yang diangkut terhitung besar seperti Toyota Alphard atau Range Rover Vogue, maka car carrier berbasis truk yang digunakan.

Berapa Biayanya?

Mobil derek dari perusahaan asuransi tidak dibebani biaya dan berlaku eksklusif hanya untuk pemegang polis. Meski begitu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan fasilitas ini kepada non pemegang polis. Salah satunya melalui program Garda Oto Experience Card.
“Jadi siapa pun yang memegang kartu ini berhak menikmati armada mobil emergensi dari asuransi Garda Oto,” ujar M. Bangun Pambudi. Kartu ini dibagi secara cuma-cuma mela lui aneka program promosi yang diselenggarakan Garda Oto.
Derek resmi jalan tol pun tetap memiliki tarif. Ia gratis hanya sampai pintu tol terdekat. Lebih dari itu Anda harus membayar sesuai ketentuan. “Untuk awal cukup membayar Rp 100 ribu kemudian dihitung per kilometer Rp 8.000,” jelas Wasta Gunadi.
Beda lagi dengan mobil derek umum. Tarifnya berbeda-beda dengan sistem perhitungan yang beragam pula. PT Merlin Services Indonesia (MSI) memberlakukan harga Rp 750 ribu untuk pengantaran di dalam kota Jakarta. Sementara Djakarta Motor Carrier Towing menentukan nominal Rp 400-450 ribu untuk dalam wilayah dan Rp 500-550 ribu untuk antar wilayah. Sedangkan tarif luar kota contohnya Jakarta-Bandung Rp 1,5 juta di luar tol.
Identifi kasi Kebutuhan Anda

Jika yang terjadi adalah mogok atau kecelakaan, langkah pertama tentu hindari panik. Anda harus bersikap tenang karena hal ini dibutuhkan untuk menginformasikan keadaan Anda kepada operator mobil emergensi.
Jika mobil Anda memiliki asuransi maka mereka adalah pihak pertama yang Anda hubungi. “Mobil emergensi yang kami turunkan tergantung dari mobil apa yang Anda gunakan, lokasi kejadian dan bagaimana keadaannya,” ucap M. Bangun Pambudi, Assistant Manager Surveyor & Garda Siaga Asuransi Astra.
Misalnya, bila mobil Anda ground clearance-nya rendah seperti mobil sports tentu membutuhkan mobil gendong (car carrier) karena akan sulit jika diderek. Sebaliknya, jika mobil Anda cukup tinggi maka mobil derek (car towing) cukup untuk membantu masalah Anda.
Selain itu kondisi di lapangan ikut menentukan. Deskripsikan lokasi Anda apakah jalannya cukup lebar atau berada di kompleks perumahan yang sempit. Termasuk jika lokasi mogok mobil Anda berada di basement sebuah gedung. Jika begini maka mobil emergensi yang diturunkan harus berukuran kompak. Informasi ini harus disampaikan karena tak sedikit mobil derek yang menggunakan basis truk.
Tak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki asuransi kendaraan karena ada mobil derek umum. Pun dengan spesifi kasi mobil towing maupun carrier. Untuk itu biasakan Anda menyimpan satu atau dua nomor kontak mobil derek umum untuk keadaan seperti ini. Bila tak ada nomor kontaknya, Anda bisa browsing internet nomor telepon mobil derek yang tersedia. Umumnya mobil derek umum ini juga beroperasi 24 jam.
Beda ceritanya jika insiden yang Anda alami terjadi di jalan tol. Maka memanfaatkan jasa derek gratis adalah langkah yang bisa Anda tempuh.
“Di manapun ruasnya, selama masih di jalan tol yang kami kelola, maka Anda berhak menggunakan jasa derek gratis yang kami sediakan,” ucap Wasta Gunadi, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Namun memang fasilitas derek gratis di jalan tol ini memiliki keterbatasan. Yakni pengantarannya hanya sampai pintu tol terdekat. Lebih dari itu, maka Anda akan dikenakan biaya resmi tergantung lokasi tujuan.
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Info Mobil Derek Saat Kondisi Darurat "