Yang Harus Diperiksa Saat Beli Mobil Baru

By Steve Kandio → Thursday, December 4, 2014
Apa saja yang harus diperiksa saat membeli mobil baru maupun mobil bekas. Bagi sebagian orang, membeli sebuah mobil bekas merupakan adalah sebuah pilihan yang harus dicermati dengan bijak dengan mempertimbangkan kondisi finansial yang pas-pasan.

Tapi yang namanya membeli mobil bekas, jika tidak tahu caranya atau dengan kata lain kurang teliti ketika memilih, bukan tidak mungkin kita malah harus mengeluarkan lebih banyak uang tambahan untuk melakukan service agar mobil bekas yang sudah kita beli tersebut bisa berfungsi secara normal seperti sediakala.

Nah untuk itu, khusus buat anda yang kebetulan saat ini berencana membeli sebuah mobil bekas, dan belum mengetahui bagaimana cara memilihnya, di bawah ini kami berikan sedikit tips penting yang bisa anda gunakan untuk memastikan jika mobil bekas yang anda incar tersebut benar-benar berkualitas.

Hal Yang Perlu Anda Cek Saat Membeli Membeli Mobil

1. Cek Kondisi Mesin: Hal pertama yang perlu diperiksa ketika membeli sebuah mobil bekas adalah memeriksa bagian mesin, baik kebersihan ataupun kehalusan suara yang dikeluarkan. Untuk mengecek kebersihan mesin, anda bisa melakukannya dengan cara membuka bagian kap mesin. Di situ anda bisa lihat bagaimana kebersihan dari mesin. Nah jika anda ingin mendapatkan mobil bekas yang berkualitas baik, anda harus pastikan kap mesin pada mobil bekas yang hendak anda beli tersebut bersih tidak ada rembesan atau tetesan oli sama sekali atau istilahnya sering disebut dengan mesin kering. Jika ternyata ada rembesan oli, itu berarti ada bagian yang bocor dan tentunya ini akan menjadi beban bagi anda nantinya jika tetap membelinya.

Sementara untuk mengecek suara mesin, anda bisa melakukannya dengan menghidupkan mesin. Di sini yang harus anda pastikan adalah suara yang keluar ketika mesin dihidupkan adalah halus. Jika ternyata suaranya berisik atau terdengar kasar, pasti ada yang tidak beres dari mesinnya dan sebaiknya anda tinggalkan saja mobil tersebut dan cari pilihan mobil yang lain.

2. Periksa Bodi Mobil: Selain mesin, bagian lain yang juga perlu dicek atau diperiksa adalah bodi mobil. Perhatikan lekukan dan jarak antar komponen pada eksterior mobil, pastikan lekukan dan jarak antar komponen tersebut benar-benar simetris atau sama antara satu dengan yang lainnya. Mengapa? Sebab jika sebuah mobil yang jarak dan lekukannya tidak simetris, ada kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami benturan hebat hingga bodinya penyok, seperti tabrakan misalnya. Nah di sini, jika mobil tersebut memang pernah mengalami tabrakan hebat, kemungkinan besar bagian jeroan mobil sudah tidak layak lagi dan sebaiknya tinggalkan mobil yang seperti ini (lihat Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan).

Sementara untuk cat, ada baiknya anda memilih mobil yang catnya masih mulus tidak ada goresan. Tapi jika anda tidak mempermasalahkannya, ini bisa anda abaikan tapi tetap pastikan jika tidak ada bagian yang berkarat di setiap bagian bodi dan kabin mobil.

3. Periksa Bagian Elektrikal (Kelistrikan): Untuk masalah kenyamanan, kelistrikan adalah bagian yang tidak boleh sampai luput dari pengecekan. Untuk memastikan bahwa bagian ini masih bekerja dengan normal bisa anda lakukan dengan cara menyalakan berbagai komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Selain itu, jika mobil bekas yang anda incar tersebut memiliki fitur-fitur canggih seperti halnya mobil-mobil keluaran terbaru, seperti fitur SRS Airbag, Immobilizer, Security Alarm dll, pastikan jika fitur-fitur tersebut juga masih bekerja dengan baik.

4. Test Drive: Jika memungkinkan, coba jalankan mobil pada kecepatan 40-60 km/jam. Pada rentang kecepatan itu, anda bisa merasakan bagaimana handling dari mobil bekas yang akan anda beli tersebut. Apakah terasa nyaman atau terasa berat dan menarik ke satu sisi (ke kanan atau ke kiri). Jika menarik ke satu sisi, pasti ada yang tidak beres pada jarak pijak rodanya. Ini akan menjadi PR jika anda tetap membelinya. Selain itu perhatikan juga apakah terdengar bunyi cit cit atau tidak dari kaki-kakinya selama anda menjalankannya. Dan pada momen ini, jika mobil tersebut dibekali dengan sistem pengereman ABS, anda juga bisa melakukan tes pada sistem pengeremannya apakah normal atau ada masalah.

5. Kelengkapan Dokumen (STNK, BPKB): Jika setelah anda periksa dan ternyata kondisi keseluruhan dari mobil incaran anda tersebut memenuhi kriteria, kini saatnya bagi anda untuk menanyakan kelengkapan surat-suratnya pada penjual atau pemilik mobil. Jangan sampai mobil yang anda beli tersebut adalah mobil hasil curian, bisa panjang ceritanya.
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Yang Harus Diperiksa Saat Beli Mobil Baru "