Manfaat Bensin Pertamax Pada Mesin Mobil

By Steve Kandio → Thursday, December 4, 2014
Manfaat Pertamax Pada Mesin Mobil
Apa dampak penggunaan bensin pertamax terhadap mesin? Semua jenis bensin pertamax terbukti bisa membersihkan mesin pada mobil. Ternyata hal ini memang bisa diterapkan pada mesin mobil menggunakan BBM Pertamax Series seperti Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina DEX. Seperti yang dilakukan oleh Boeniardi Bonar, punggawa bengkel Auto Star di bilangan Kalimalang, Jakarta Timur.

"Sehabis tune-up biasanya saya menyarankan customer untuk mengisi BBM pertamax dan membawanya di jalan tol. Semacam italian tuning gitu," ungkap pria yang akrab disapa Bonz tersebut. Proses tune-up yang dilakukan di bengkelnya menurutnya akan lebih maksimal dengan diikuti dengan mengisi BBM beroktan tinggi beraditif tersebut untuk memastikan jalur bahan bakar pun turut mengalami proses pembersihan.

Hal yang dilakukan Bonz ternyata memang ada benarnya, lantaran Pertamax series memang memiliki kandungan-kandungan unik yang tak dimiliki Premium. "Tak hanya oktan saja yang berbeda, namun ada zat-zat aditif berteknologi modern yang memiliki kemampuan membersihkan mesin," ungkap Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication PT. Pertamina (PERSERO).

Lebih jelasnya begini, jalur bahan bakar berukuran sangatlah kecil. Mulai dari pompa bahan bakar, jalur pipa bahan bakar, filter, injektor hingga diasupkan ke dalam ruang bakar melalui celah klep. Zat aditif yang dimiliki Pertamax series akan menjaga kemurnian bahan bakar dari kandungan air dengan sifat demulsifiernya.

Ruang bakar yang bersih membuat konsumsi BBM lebih hemat Rasanya hampir tidak ada lagi mobil modern bensin oktan 88 Kebersihan katup di dalam mesin menjamin kinerja mesin tetap optimal

Hal senada juga dipaparkan Esto Sunarso, pemerhati dan praktisi BBM, menurutnya zat aditif dalam BBM dapat berfungsi untuk membersih­kan sistem asupan bahan bakar. [Tab] "Kandungan detergency dalam aditifnya memang bisa memastikan saluran bahan bakar dalam kondisi bersih," ungkap Esto ketika ditemui dalam sebuah seminar mengenai bahan bakar Pertamax Series.

Komponen lain yang dapat dijaga kebersihannya yaitu klep intake pada silinder head mesin. Pada bagian ini umumnya mudah terjadi pengendapan kotoran baik itu dari udara maupun sistem bahan bakar. Dengan zat aditif bersifat detergency tadi, maka klep pun akan terjaga kebersihannya dan proses asupan menuju ruang bakar pun menjadi sempurna.

Terlebih pada mobil dengan teknologi mesin berkatup variabel seperti VVT-i, i-VTEC dan MIVEC. Teknologi ini berfungsi untuk mengatur celah klep secara variatif. Kebersihan klep perlu dijaga untuk menjaga fungsi teknologi ini tetap optimal.

Tak hanya itu, kondisi BBM yang terjamin kebersihannya pun sangat penting terutama untuk mesin diesel modern. "Pertamina DEX memiliki kadar sulfur 300 ppm, sedangkan merek lain mencapai 3.000 ppm," imbuh Esto. Pertamina DEX sendiri merupakan bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi standar emisi EURO-2, serta memiliki performa tinggi dengan cetane number 53 atau lebih.
Internal mesin juga butuh pembersih agar tak muncul kerak di ruang bakar Performa mesin tetap terjaga jika memakai BBM berkualitas
Ditambahkan Esto dengan rendahnya sulfur dan aditif yang ditambahkan pada Pertamina DEX, kinerja komponen mesin diesel modern seperti catalytic converter bisa maksimal.

Dengan kondisi komponen-komponen mesin yang optimal, kinerja mesin pun bisa berada dalam kondisi terbaiknya. Efek jangka panjangnya tentu umur sehat mesin dapat dijaga pula. Sedangkan efek yang langsung bisa dirasakan adalah pembakaran yang sempurna sehingga membuat mesin dapat menghasilkan tenaga lebih optimal, emisi yang rendah, serta konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Manfaat Bensin Pertamax Pada Mesin Mobil "