Tips Mengatasi Dan Mencegah Kebakaran Mobil

By Steve Kandio → Thursday, December 4, 2014
Tips Mengatasi mobil Terbakar
Yang namanya kecelakaan tidak ada yang tahu kapan bisa terjadi. Nah kali ini kami akan memberikan tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah kebakaran pada mobil anda.

Kapten Homer Robertson, dari Departemen Pemadam Kebakaran Fort Worth, Amerika Serikat menulis artikel yang menyebutkan bahwa teknologi pemadaman api tak berjalan secepat perkembangan teknologi pada mobil.

Artikel itu bukan untuk menakut-nakuti, tetapi agar kita selalu waspada dan sadar bahwa potensi kebakaran akan selalu ada selama ada 3 unsur yakni komponen mudah terbakar, suhu panas, dan oksidasi.

Karenanya kebakaran bisa terjadi tak hanya pada sistem mesin mobil, namun bisa terjadi di berbagai bagian mobil jika 3 unsur tersebut bertemu. Seperti jika kita menaruh bahan bakar cadangan dengan tidak rapat di bagasi, atau ada kebocoran jalur bahan bakar sehingga uap bahan bakar terkurung di bagasi, maka panas akan menyulut api dan membakar bagasi. Bahkan material kabin yang tersulut bara rokok juga bisa menimbulkan kebakaran.

Tips Mengatasi Dan Mencegah Kebakaran Mobil

Preventif
Sediakan Perlengkapan Pertolongan Saat Kebakaran
Pastikan di dalam mobil ada alat pemadam api ringan (APAR), sarung tangan, dan palu pemecah kaca. Perhatikan pula tanggal kadaluarsa APAR karena umumnya APAR hanya bisa berfungsi dengan baik untuk beberapa bulan saja. Bila perlu miliki APAR yang dapat diisi ulang untuk menekan biaya. Tempatkan APAR di lokasi yang mudah diakses seperti kolong bangku penumpang depan atau di bawah glove box.

Cek Kondisi Mobil
Selalu cek kondisi mobil ketika akan memulai perjalanan. Luangkan waktu 5 menit sebelum menjalankan mobil untuk melakukan pengecekan. Periksa sekring kelistrikan, kondisi oli, hingga tetesan yang tidak normal di bawah mobil seperti bensin dan oli. Jika ada yang tidak normal urungkan niat untuk melakukan perjalanan dan bawa mobil ke bengkel untuk pembenahan.

Asuransi
Pastikan asuransi yang menaungi mobil Anda memiliki komponen pertanggungan akan kebakaran mobil. Sebab ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak memasukkan kebakaran ke dalam polis pertanggungannya.

Tips Mobil Terbakar Tips Menyimpan APAR

Ketika Gejala Kebakaran Terjadi

1. Jangan panik. Tetap tenang agar bisa melakukan langkah selanjutnya dengan benar.

2. Segera tepikan kendaraan ke jalur yang tidak ada kendaraan, bangunan atau pepohonan. Hal ini untuk mencegah merembetnya api ke benda lain. Namun jika api sudah terlalu besar, berhentikan kendaraan dan segera keluar dari kendaraan.

3. Segera matikan kendaraan dan tarik rem parkir. Tujuannya adalah untuk memastikan tak ada lagi arus listrik maupun bensin yang mengalir dan memastikan kendaraan tak bergerak.4. Keluarkan semua penumpang dari kendaraan. Gunakan palu pemecah kaca jika pintu tak bisa terbuka. Pastikan seluruh penumpang berada dalam jarak aman dari mobil terbakar.

5. Jika api belum terlalu besar, lakukan pemadaman. (lihat boks cara pemadaman).

Jenis-jenis APAR

1. APAR material foam bisa digunakan untuk sumber api yang tak memiliki arus listrik. seperti kain, jok, plastik, bahan bakar. APAR jenis ini paling sesuai untuk memadamkan api yang disebabkan oleh terbakarnya bahan bakar.

2. APAR material powder atau bubuk bisa digunakan pada semua jenis sumber api, korsleting, plastik, kain, namun ia paling tepat digunakan untuk material plastik.

3. APAR material gas CO2 bisa digunakan pada semua jenis sumber api, korsleting, plastik, kain. APAR jenis ini paling tepat untuk memadamkan sumber api bersifat elektrikal.
Jenis Jenis APAR Tips Menggunakan APAR

Cara Memadamkan Api

Sebagai masyarakat awam, banyak dari kita yang tidak terlatih memadamkan api besar. Jika sudah terlampau besar, menghubungi dinas kebakaran di nomor 113 adalah langkah tepat untuk meminimalkan resiko keselamatan.

Tapi kita juga harus mengetahui bagaimana cara memadamkan api pada skala yang lebih terukur.

1. Ketahui sumber api. Jika api sudah terlihat berkobar di kap mesin, jangan buka kap karena hanya akan membuat api makin besar. Cukup tarik tuas pengunci kap mesin yang ada di kabin untuk memberikan celah untuk memadamkan.

2. Jaga jarak dengan sumber api.

3. Perhatikan arah angin. Semprotkan APAR dengan membelakangi arah angin. Rasakan angin yang berhembus ke punggung kita. Jangan menyemprot api dengan melawan arah angin karena api dan suhu panasnya akan mengarah ke kita.

4. Jika memungkinkan, semprot langsung pada sumbernya. Namun jika api terlalu besar maka semprotkan di sekitar sumber api untuk menghindari meluasnya kebakaran.
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Tips Mengatasi Dan Mencegah Kebakaran Mobil "