Resiko Jika Berdandan Saat Mengemudi

By Steve Kandio → Thursday, December 4, 2014
Sangatlah wajar jika wanita berdandan untuk memperindah penampilannya. Bukan karena tidak cantik, namun sudah menjadi kewajiban bagi seorang wanita untuk tampil sempurna sebelum menjalani aktifitasnya.

Seperti yang kita tahu, proses berdandan itu memakan waktu yang lumayan banyak. Oleh karena itu banyak kalangan wanita karir memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk berdandan. Tempat untuk berdandan bisa dimana saja. Bisa di toilet, ruang tunggu, halte, bus, dll.

"Biasanya berdandan ini cukup memakan waktu, padahal Anda buru-buru ingin berangkat dan tidak ada waktu untuk menghilangkan wajah kantuk yang masih menempel," ujar Patricia Katio, Programme Director of Make Up Artistry at Lasalle College International dalam ajang Indonesia International Motor Show di booth Chevrolet, September lalu.

Sayangnya, saking padatnya aktivitas dan riuhnya kondisi jalan, akhirnya banyak wanita yang memilih untuk melakukan proses yang membutuhkan banyak konsentrasi ini di tengah perjalanan menuju tempat beraktivitas.

Padahal menurut Patricia, tak ada hasil baik dari berdandan di tengah perjalanan. "Ketika berdandan dikerjakan pada saat berkendara untuk menyingkat waktu, hal tersebut justru sangatlah berbahaya dan menghasilkan tampilan yang tidak maksimal," imbuh Patricia.

Data yang dilansir sebuah media nasional di Inggris mencatat sekitar 43 persen pengendara wanita di Inggris me­ngaku berdandan saat berken­dara sehari-hari. Hal ini umum dilakukan di tengah perjalanan ketika mobil berhenti di lampu merah atau saat jalan sedang macet.


Ironisnya, meski para responden mengaku hal ini berbahaya, namun mereka tetap melakukannya apapun alasannya. Yang parah adalah ketika melakukan proses ini, demi kepraktisan proses cermin yang digunakan untuk berkaca adalah cermin tengah yang notabene merupakan pemantau utama kondisi di belakang mobil.

Sungguh menyedihkan, pasalnya di Indonesia sendiri tingkat kecelakaan akibat kelalaian manusia sudah sangat tinggi. Data yang dilansir Kepolisian Repu­blik Indonesia (Polri) dan Kementerian Transportasi mencatat 66 persen dari jumlah kecelakaan di tahun 2013 terjadi akibat ke­lalaian manusia.

Beberapa kasus kecelakaan terjadi akibat berbagai gangguan saat berkendara:
1. Visual distraction
Saat pandangan mata anda tidak tertuju pada jalanan di depan maka gangguan akan mendistraksi fokus pengendara yang seharusnya berada pada satu poin yakni jalanan. 

2.Auditory distraction
Gangguan dari suara lagu yang tengah didengar ataupun suara-suara keras lainnya di luar maupun di dalam mobil bisa mempengaruhi konsentrasi pendengaran yang seharusnya berfokus pada kondisi mobil dan jalan. 

3.Physical distraction
Ketika tangan Anda tidak memegang kemudi dengan baik maka respons pengendara untuk mengendalikan mobil akan berkurang. Hal ini akan berimbas pada buruknya kesigapan bermanuver. 

4.Cognitive distraction
Otak memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu. Namun diperlukan konsentrasi penuh saat berkendara. Ketika pikiran mengganggu fokus Anda dalam berkendara maka konsentrasi akan berkurang. 

Tips Berdandan Singkat 

Berikut beberapa tips dandan singkat untuk tampil prima bagi wanita yang aktif:

- Siapkan beberapa menit di depan kaca kamar sebelum berangkat untuk tampilan wajah yang maksimal menggunakan 3 in 1 moisturizer, concealer, powder, blush, dan lipstick sebagai dasar make up di wajah Anda.

- Sesampainya di tempat tujuan Anda dapat menyelesaikan tampilan wajah dengan eyeliner, mascara, eyebrow dan eye shadow.
Ragam Kelalaian Usai Berdandan

- Lupa mengembalikan spion tengah setelah berdandan. Efek terparah dari lalainya mengembalikan cermin ke posisi pantau kondisi belakang mobil adalah tak terlihatnya situasi di belakang mobil dan berpotensi menyebabkan kecelakaan beruntun.

- Perlengkapan dandan yang berantakan di kabin mobil. Akibat berantakannya perlengkapan, seringkali malahan perlengkapan dandan menjadi rusak ataupun bertebaran di seluruh kabin yang menyebabkan kerugian lain.

- Tidak memperhatikan lampu jalan ketika berdandan. Konsentrasi yang terpusat pada proses berdandan akan membuat Anda alpa dalam melihat lampu lalu-lintas.
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Resiko Jika Berdandan Saat Mengemudi "