Persiapan Mengendarai Mobil Saat Mudik

By Steve Kandio → Thursday, July 3, 2014
InfoLengkapMobil - Lebaran sebentar lagi. Tidak ada salahnya memikirkan persiapan dan semua perlengkapan mudik dari sekarang. Persiapan yang baik akan membuat perjalanan menuju kampung halaman menjadi aman dan menyenangkan.
Di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemudik agar aman dan nyaman selama menempuh perjalanan ke tempat tujuan:

- Periksakan kendaraan Anda di bengkel resmi atau bengkel kepercayaan untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. Disarankan untuk memanfaatkan program Lebaran yang digelar oleh bengkel-bengkel resmi atau bengkel terpercaya dan profesional, karena akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Pastikan Anda sudah melakukan booking service sebelumnya, untuk menghindari antrian.

- Setelah kondisi mobil prima, berikutnya adalah menjaga stamina dan kondisi tubuh para penumpangnya. Tidak hanya pengemudi saja, tetapi anggota lain yang ikut dalam perjalanan perlu cukup istirahat, paling tidak sehari sebelum berangkat.

- Jika Anda sedang berpuasa, konsumsilah makanan yang sehat saat sahur dan minum suplemen atau vitamin, karena sangat berperan untuk menjaga kondisi tubuh selama dalam perjalanan. Siapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, jika diperkirakan ketika waktu berbuka puasa tiba, Anda sedang berada di lokasi yang jauh dari rumah makan.

- Jangan lupa bawalah barang sesuai kebutuhan. Kalau tidak perlu, sebaiknya jangan dibawa, karena selain mengurangi ruang gerak, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih boros. Lengkapi mobil Anda dengan perlengkapan audio, mainan anak, atau segala hal yang bisa menyenangkan, sehingga dalam kemacetan yang melelahkan, semua penumpang bisa tetap ceria.

- Jangan lupa untuk cek perlengkapan P3K berupa obat-obatan yang bisa dipakai seluruh keluarga. Contohnya obat anti mabuk darat, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, obat diare, dan vitamin C berdosis tinggi. Bawa juga obat-obat pribadi yang khusus, seperti obat asma, alergi, dan sebagainya.

- Untuk menghindari mual dalam perjalanan, kurangi merokok, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan artifisial dan MSG, dan melakukan kegiatan yang membutuhkan kemampuan konsentrasi indera penglihatan, misalnya membaca, main game, atau menonton TV.

- Pastikan semua nomor penting telah Anda catat seperti: nomor telepon akses cepat ke posko-posko siaga, polisi, dan rumah sakit. Jangan lupa pula bawa peta atau aktifkan GPS Anda untuk membantu Anda dalam mencari jalur alternatif.

- Terakhir, jangan lupa berdoa bersama keluarga sebelum berangkat agar tenang dalam perjalanan.

Apabila semua yang diatas sudah dipersiapkan dengan baik, maka perjalanan mudik Anda akan lancar sampai ke kampung halaman.  Silahkan ditambahkan kalau ada yang kurang. Semoga perjalanan mudik Anda lancar dan nyaman sampai di kampung halaman.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya terkait Tips Perjalanan Mudik:
- Tips Perjalanan Mudik Bersama Si Buah Hati
Steve Kandio

I'm Steve Kandio. A part time blogger from Indonesia. I enjoy to write unique articles. I love blogging and write about everything unique. Please add your comment below.

No Comment to " Persiapan Mengendarai Mobil Saat Mudik "